Masuki Pasar Internet of Things

Selasa, 20 Januari 2015 - 11:16 WIB
Masuki Pasar Internet...
Masuki Pasar Internet of Things
A A A
Apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi internet messenger seperti WeChat terbilang luar biasa. Sebab, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Melainkan juga mengatur berbagai hal di kamar hotel dan kasino The LINQ, di Las Vegas, AS. Dalam perhelatan Consumer Electronics Show (CES) 2015 di Las Vegas belum lama ini Tencent memang bekerja sama dengan jaringan hotel Caesars Entertainment. Para tamu yang menggunakan aplikasi WeChat dapat mengatur segala aspek yang ada di kamar.

Misalnya mengatur pencahayaan lampu, menutup tirai, mengecilkan suhu ruangan, bahkan membuka dan mengunci pintu kamar. Bayangkan setelah lelah beraktivitas seharian dan kembali ke kamar hotel, tamu cukup membuka aplikasi WeChat sambil duduk di tempat tidur atau sofa untuk melakukan hal-hal tersebut.

Bahkan dikamar The LINQ Hotel pengguna juga dapat mengontrol bagaimana perangkat berinteraksi satu sama lain. Misalnya melakukan pre-program skenario “sleep” di WeChat sehingga setelah dipilih ruangan otomatis akan mematikan lampu, menutup tirai, dan mengunci pintu. Aplikasi yang beroperasi sebagai akun resmi WeChat ini dikembangkan melalui platform Ayla Networks, perusahaan manufaktur hardware Tiongkok.

Setelah ini, Ayla Networks bahkan akan mengembangkan kantor cerdas baru berbasis WeChat. Pengguna dapat mengatur berbagai hal di kantornya dengan melakukan pemindaian kode QR melalui smartphone mereka. Kolaborasi dengan Caesars Entertainment merupakan salah satu proyek WeChat di luar pasar China untuk mencari peluang baru. WeChat membantu pengguna untuk menghubungkan dunia online dan offline.

Dan sekarang, WeChat membawa inovasi terbaru yang membantu menyatukan kedua dunia tersebut.Yakni kemampuan untuk mengendalikan ruangan cerdas hanya dari telapak tangan Anda.Tren ini disebut juga dengan internet of things.

Danang Arradian
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0691 seconds (0.1#10.140)